Recomendeed Download

Selasa, 29 Januari 2013

Trend Penggunaan Sofware Berbasis Web Saat Ini


Salah satu pemacu berkembangnya bisnis baik bisnis retail maupun jasa adalah penggunaan produk dan sarana pendukung yang berbasis komputer dan internet. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi mempengaruhi juga cara kerja pelaku bisnis. Jika dulu semua pekerjaan dilakukan secara manual maka sekarang banyak aspek dalam bisnis yang sudah diserahkan pada mesin atau komputer. Salah satu contoh nyata dari hal ini adalah semakin maraknya penggunaan software berbasis web pada perusahaan baik pada perusahaan berskala kecil atau perorangan sampai perusahaan besar and multinasional. Selain karena tuntutan jaman,
semakin meningkatnya penggunaan software berbasis web juga dilatarbelakangi oleh alasan logis dan manfaat dari software itu sendiri.
Trend penggunaan software berbasis web bukan hanya trend musiman yang biasa hilang setelah beberapa waktu, tetapi trend ini bakal tetap ada seiring dengan perkembangan web dan software secara umum. Segi manfaat itulah yang menjadi alasan utama penggunaan software jenis ini. Salah satu contoh adalah dalam bidang bisnis retail misalnya. Kemampuan perusahaan dalam melayani calon pembeli secara umum akan dibatasi oleh jam kerja dan hari aktif pekerja. Sehingga dalam satu bulan pasti akan ada pengurangan jam pelayanan karena libur hari minggu atau hari besar lainnya, sedangkan dengan penggunaan software berbasis web perusahaan bisa terus melayani konsumen secara online terus menerus dalam 24 jam nonstop.
Selain bisa memperpanjang jam pelayanan, keunggulan software berbasis web terletak pada kemudahan penggunaannya. Tidak diperlukan proses penginstalan secara personal pada masing- masing komputer pengguna karena yang diperlukan hanyalah koneksi internet saja. Ini berarti mempermudah dan mempercepat proses kerja. Perusahaan juga bisa memberikan respon lebih cepat kepada pertanyaan atau komplain konsumen karena dengan software berbasis web hampir tidak ada jeda waktu antara pengiriman data dan penerimaannya. Bisa dibayangkan pada masa lalu saat pembaca harus menulis surat jika akan mengajukan pertanyaan dan komplain. Kini mereka cukup menulisnya dan mengirimkan nya ke alamat e-mail perusahaan dan balasan akan didapatkan secepatnya.

0 komentar:

Posting Komentar